ASSALAMU'ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABAROKATUHU

Indahnya Pernikahan

Menikah adalah salah satu bagian dari pemenuhan fitrah manusia, dan ia adalah salah satu bentuk ibadah maka pelakunya berarti telah melaksanakan sunah. Menikah bukan hanya masalah cinta, suka, rindu, atau sekedar bahagia ketika bersama tapi menikah adalah salah satu upaya membentuk peradaban. Bukankah kokohnya akhlak diri kita mulanya berasal dari rumah tangga. Dan rumah tangga itu ada ketika terjadi sebuah pernikahan yang menyatukan dua orang manusia menjadi sebuah keluarga.

Menikah membuat seorang laki-laki belajar bagaimana menjadi sebaik-baik pemimpin untuk isteri dan anaknya, membuatnya rela berlelah-lelah mencari nafkah, membuatnya mau memastikan bahwa apa yang ia bawa pulang ke rumah adalah rizki yang halal, dan menjadikannya seorang lelaki teladan untuk anak-anaknya yang setiap saat melihatnya.

Menikah membuat seorang wanita belajar bagaiman menjadi sebaik-baik perhiasan dunia untuk suaminya, membuatnya belajar syukur dan sabar dalam keadaan lapang mapun sempit di setiap kehidupan yang dilaluinya, membuatnya memastikan bahwa anak-anak yang keluar dari rahimnya akan menjadi penyejuk mata dan pembawa kebaikan untuk umat, serta menjadikannya wanita luar biasa yang bahkan surga pun harus berada dibawah telapak kakinya.

Wahai engkau lelaki, maka sudah jadi tanggung jawabmu isteri dan anak-anakmu. Ketika agama dan akhlakmu baik maka Allah pun akan memampukan engkau dalam mendidik anak dan istreimu. Dan engkau duhai wanita, ketika baik agama dan akhlaqmu maka Allah pun akan menjadikanmu sebagai perhiasan terindah di dunia.

Perikahan adalah sebuah tarbiyah panjang yang seharusnya membuat kita yang belum menikah, belajar untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya dan menjadikan yang sudah menikah untuk terus berbenah agar bisa menghadirkan indahnya surga dalam setiap detik yang berlalu dalam keluarga kita.

Menikah adalah keindahan kecuali bagi yang menganggapnya sebagai beban. Rumah tangga adalah kemuliaan, kecuali bagi yang menganggapnya sebagai rutinitas tak bermakna.